Sabtu, 09 April 2016

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN



TUGAS IBD
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
Nama               : Wira Hidayatullah
Kelas               : 1IA17
Npm                : 57415177

Manusia dan kebudayaan
1.      Definisi
Defenisi yang sering digunakan terhadap manusia adalah manusia itu adalah makhluk sosial yang memiliki fikran yangrasional. Defenisi ini hendak menunjukkan kepada kita bahwa manusia itu berbeda dari
binatang dan ciptaan lain karena memiliki rasio. Defenisi ini jelas memiliki kelemahan. Kelemahan defenisi ini ialah mengabaikan aspek rohani dan aspek lainnya.

2.      Hakikat manusia dan kebudayaan
Hakikat manusia dalam melestarikan dan menjaga kebudayaan adalah suatu keharusan agar tidak terpengaruh oleh kebudayaan lainnya. seperti yang kita tahu, manusia sangat erat kaitannya dengan kebudayaan. indonesia adalah negara yg kaya akan kebudayaan nya seperti kebudayaan Jawa, Sumatra Barat, Batak, Papua, dll. Menjaga dan melestarikan keaslian budaya adalah kewajiban dan tanggung jawab kita bersama sebagai penerus bangsa agar tidak luntur di era globalisasi seperti sekarang ini yang dengan mudah nya budaya asing (budaya barat)  masuk kedalam pola kehidupan sehari-hari kita. maka dari itu warisan nenek moyang kita dahulu patut kita lestarikan agar tidak hilang dan menjadi ciri khas bangsa kita. pengaruh budaya barat seperti pergaulan bebas, free sexs, drugs, minuman alkohol nampaknya sudah tidak asing di kalangan remaja indonesia. Oleh sebab itu, banyak suku lain (ethnic) menolak kebudayaan dari luar yang dikhawatirkan akan merusak dan meluntur kebudayaan asli yang mereka anut sejak jaman dahulu. Kebudayaan juga salah satu faktor yang dapat menarik minat turis asing untuk berkunjung ke Indonesia. Contoh permasalahan yang sempat di perdebatkan sampai PBB (UNESCO) ikut turun tangan dalam meng-hak patenkan keaslian budaya indonesia yaitu batiknya yang di klaim Malaysia. Kebudayaan Indonesia lainnya yang di klaim Malaysia yaitu reog ponorogo, tari pendet, alat musik angklung, dll.
Jadi kesimpulan dari uraian diatas adalah kaitan manusia dan kebudayaan sangatlah erat, sebab kebudayaan timbul karena hasil karya cipta dan karsa dari manusia itu sendiri. begitu pula dalam hal menjaga dan melestarikan warisan budaya nenek moyang kita adalah sebuah kewajiban kita sebagai generasi penerus bangsa untuk mempertahankannya.
3.      Unsur unsur yang membangun manusia
Manusia terdiri dari 4 unsur yang saling terkait :
a. Jasad
b. Hayat
c. Ruh
d. nafas
Manusia sebagai satu kepribadian mengandung 3 unsur :
a. Id
b. Ego
c. Super Ego
 4. Cinta kasih
  Cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih artinya perasaan saying atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehinga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasih.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar